1. Teori
Etika bisnis merupakan cara untuk
melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan
individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan
dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam
membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang
saham, masyarakat.
Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang
baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan
berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan
dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Etika Bisnis dapat menjadi standar dan
pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai
pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang
luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional
Konflik merupakan suatu gejala yang umumnya
muncul sebagai akibat dari interaksi manusia dalam hidup bermasyarakat. Konflik
akan timbul ketika terjadi persaingan baik individu maupun kelompok. Konflik
juga bisa dipicu karena adanya perbedaan pendapat antara komponen-komponen yang
ada di dalam masyarakat membuatnya saling mempertahankan ego dan memicu
timbulnya pertentangan. Bukan hanya di masyarakat konflik juga bisa terjadi di
satuan kelompok masyarakat terkecil, keluarga, seperti konflik antar saudara
atau suami-istri.
Dr. Robert M.Z. Lawang, menurutnya
konflik adalah perjuangan untuk memperoleh nilai, status, kekuasaan, dimana
tujuan dari mereka yang berkonflik, tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi
juga untuk menundukkan saingannya.
2. Kasus/Artikel
Kasus obat anti nyamuk
H**
Pada
kasus H**, meskipun perusahaan telah meminta maaf dan berjanji untuk
menarik
produknya, ada kesan permintaan maaf itu klise. Penarikan produk yang
kandungannya bisa menyebabkan kanker tersebut terkesan tidak sungguh-sungguh
dilakukan. Produk berbahaya itu masih beredar di pasaran.
3. Analisis
Etika bisnis merupakan cara untuk
melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan
individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan
dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam
membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang
saham, masyarakat.
Konflik merupakan suatu gejala yang umumnya
muncul sebagai akibat dari interaksi manusia dalam hidup bermasyarakat. Konflik
akan timbul ketika terjadi persaingan baik individu maupun kelompok. Konflik
juga bisa dipicu karena adanya perbedaan pendapat antara komponen-komponen yang
ada di dalam masyarakat membuatnya saling mempertahankan ego dan memicu
timbulnya pertentangan. Bukan hanya di masyarakat konflik juga bisa terjadi di
satuan kelompok masyarakat terkecil, keluarga, seperti konflik antar saudara
atau suami-istri.
Paradigma yang benar yaitu seharusnya perusahaan memperhatikan
adanya hubungan sinergi antara etika dan laba. Di era kompetisi yang ketat ini,
reputasi baik merupakan sebuah competitive advantage yang harus dipertahankan.
Dalam jangka panjang, apabila perusahaan meletakkan keselamatan konsumen di atas
kepentingan perusahaan maka akan berbuah keuntungan yang lebih besar bagi
perusahaan..
4. Referensi
http://taufananggriawan.wordpress.com/2011/10/30/kasus-konflik-yang-terjadi-dan-solusi-dari-sudut-pandang-etika-bisnis/
http://marsellabenifa16.blogspot.com/2013/11/contoh-kasus-konflik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar